Rayap juga disebut Blattodea. Telah dikenal selama beberapa dekade bahwa rayap sangat terkait dengan kecoak, terutama spesies kecoak pemakan kayu. Sampai baru-baru ini, rayap adalah ordo Isoptera, yang sekarang menjadi subordo. Pergeseran taksonomi baru ini didukung oleh data dan penelitian yang mengkonfirmasi perbandingan baru bahwa rayap sebenarnya termasuk dalam spesies kecoa. Subordo dari Isoptera ini memiliki lebih dari 2.600 spesies di seluruh dunia. Dapatkan jasa anti rayap jakarta terbaik dengan mengunjungi website kami.

Asal usul nama Isoptera adalah dari bahasa Yunani yang berarti dua pasang sayap lurus. Rayap juga pernah disebut semut putih selama bertahun-tahun dan membuat beberapa orang bingung dengan semut yang sebenarnya. Mikroskop mampu mengamati fitur dan membedakan antara dua spesies tersebut. Yang membedakan adalah antena rayap lurus, empat sayap berukuran sama, lebar pinggang dan dada, serta lebar perut.

Spesies rayap terdapat di seluruh dunia. Habitat terbesarnya adalah di daerah tropis, subtropis, dan daerah beriklim hangat. Rayap tumbuh dengan baik di dataran rendah lembab yang hangat dan di sepanjang pantai. Beberapa spesies di Amerika Utara telah beradaptasi dengan suhu yang lebih dingin yang memungkinkan mereka untuk menempati rumah dan sumber kayu.

Rayap sebagai mayoritas diketahui mendiami wilayah tropis di seluruh dunia. Beberapa spesies mampu bercabang ke wilayah utara. Dengan karakteristik sebagai serangga sosial, rayap meniru serangga sosial lainnya seperti lebah, semut, dan tawon. Namun, rayap berbeda dalam alasan sederhana bahwa setiap pekerja adalah pria atau wanita, tetapi dalam serangga sosial lainnya semua pekerja dan tentara adalah wanita. Sepanjang sejarah, rayap, juga disebut semut putih atau serangga kayu. Rayap telah menghancurkan bangunan dan menyerang rumah selama berabad-abad yang tak terhitung jumlahnya. Mereka terus menyebabkan kerusakan besar setiap tahun di seluruh dunia. Rayap yang saat ini menghabiskan hidupnya dalam sumber makanan adalah spesies rayap yang paling primitif. Rayap berikutnya yang beradaptasi lebih moderat tinggal di tanah dan mencari kayu untuk makan. Ada juga percobaan eksperimental yang dilakukan dengan menggunakan rayap untuk membuat biofuel. Rayap adalah serangga baru yang berada di peringkat pertama di antara hama serangga paling sukses.